12/11/2021

18 Tahun Yang Lalu, Ducati Masuk MotoGP

Ducati Desmocedici 06, Loris Capirossi

Kesuksesan Ducati di ajang balap MotoGP tidak lepas dari mesin mutakhirnya yang bernama Desmocedici. Tenaga yang besar dan kecepatan yang kencang membuat Ducati menjadi salah satu motor terkuat di MotoGP.

Keputusan Ducati untuk ikut ke MotoGP sudah direncanakan sejak tahun 2001, saat FIM mengubah regulasi mesin untuk kompetisi musim 2002. FIM membubarkan kejuaraan balap motor 2 tak yang bermesin 500cc dan menggantinya dengan mesin 990cc 4 tak yang besar.

Hal ini mengundang banyak minat dari pabrikan-pabrikan motor yang sudah lama ingin kembali berkompetisi di MotoGP. Mulai dari Kawasaki, Aprilia dan yang terakhir, Ducati ikut meramaikan persaingan. 

Kalau dilihat waktu itu, Ducati paling siap menghadapi kompetisi' mereka mengumumkan keikutsertaannya di ajang balap MotoGP untuk musim 2003 dengan menyediakan 2 unit motor spek pabrikan. 

Mulanya pembalap asal Australia' Troy Bayliss yang direkrut sebagai alumni perdana pengendara Desmocedici GP03, namun di saat yang sama bergabunglah pembalap lokal Italia' Loris Capirossi yang baru saja habis masa kontraknya dengan West Honda Pons. 

Motor Ducati Desmocedici GP03 diluncurkan di Bologna, kota asal Ducati dimana pabriknya berada. Troy Bayliss, juara dunia World Superbike tahun 2001 dan Loris Capirossi juara dunia kelas 125cc dan 250cc MotoGP menjadi duo terpercaya untuk mengendalikan ganasnya motor Ducati Desmocedici GP03. 

Hasil positif Ducati di musim perdananya terbilang manis, Ducati Desmocedici GP03 yang dikendarai Loris Capirossi berhasil merengkuh podium ke 3 di Grand Prix Suzuka. Sebuah awal yang bagus bagi Ducati yang notabene pabrikan debutan atau pendatang baru. 

Hasil cemerlangnya baru tercipta saat melakoni balapan di Grand Prix Catalunya, Loris Capirossi menyumbang kemenangan perdana Ducati setelah mempecundangi motor Honda RC211V milik Valentino Rossi.

*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar