8/21/2014

Gauloises : Ternyata itu merek "Rokok" !


Gambar : Logo Rokok "Gauloises"

Kalian pernah melihat gambar ini di motornya Valentino Rossi ?
Sudah pasti pernah dong, yaialah... wong namanya sponsor tim' udah pasti mereknya begini nich...
Ngomong-ngomong soal merek sponsor, sejak dahulu kala dunia balap identik dengan sponsor berbau perusahaan tembakau dan minuman beralkohol.

Gauloises adalah satu-satunya merek rokok yang pernah menjadi sponsor di kejuaraan balap motor kelas dunia MotoGP. Diperkirakan sejak era 80an Gauloises sudah menjadi sponsor di kejuaraan balap bergengsi tersebut. Terlebih ketika menjadi sponsor tim garputala Yamaha Factory Racing.

Kelihatannya Marlboro masih pantas menjadi sponsor tim Yamaha waktu itu, namun karena waktu itu nilai kontraknya terlalu mahal' maka Yamaha tidak memperpanjang kontraknya dengan Marlboro.
Dan pada tahun 2003 Yamaha memilih Gauloises dan Fortuna sebagai sponsor.

Tujuan dipilihnya merek rokok sebagai sponsor tim waktu itu adalah sebagai penyandang dana untuk membiayai pembalap, mekanik, kru paddock dan umberella girl yang bekerja di dalam tim tersebut.
Bukan berarti rokok yang menjadi merek tim balap tersebut menjadi bagian dari "konsumsi".

Sejujurnya pembalap memang dilarang merokok, tetapi masih banyak tim-tim balap motor maupun tim-tim balap mobil yang tetap menggunakan sponsor rokok sebagai penyandang dana. Karena perusahaan yang memiliki merek rokok tersebut punya dana besar untuk membiayai tim yang mengontraknya.

Biaya kontraknya di taksir antara puluhan juta dollar hingga triliyunan dollar, kalau soal membiayai merekalah jagonya. Namun, akibat peraturan ketat yang terkait dengan kesehatan jantung dan paru-paru, maka sponsor rokok menanggung kerugian yang begitu banyak. Karena yang namanya rokok itu bukan makanan atau minuman, yang jelas segala sesuatu yang tidak bisa diminum atau dimakan dilarang di komersialisasikan atau di iklankan.

WHO memang sudah melarang beberapa perusahaan rokok diseluruh dunia untuk membatasi promosi rokok, tujuannya supaya jumlah perokok aktif dan pasif tidak bertambah.

Kalau bertambah, maka angka harapan hidup umat manusia akibat merokok sangat rendah dan resiko terkena serangan jantung dan impotensi sangat tinggi. Ujung-ujungnya berakhir diatas peti mati dan dikubur didalam gundukan tanah.

Kelihatannya kesehatan harus tetap menjadi prioritas utama, karena rokok dianggap sebagai sesuatu yang merenggut masa depan. Untuk itu sekarang jarang sekali ada event-event yang menggunakan rokok sebagai sponsor utama. Karena ini adalah cara untuk menekan angka kematian akibat merokok, lebih bagusnya lagi setiap bungkus rokok disertakan gambar seram.

Apa gunanya gambar seram ?
Gambar seram bertujuan agar rokok yang dijual tidak dibeli oleh orang yang belum cukup umur.
Maka dari itu jangan kecewa, dan tetap selalu mengerti akan situasi dan kondisi yang sekarang ini tidak memungkinkan untuk mempromosikan rokok sebagai sponsor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar