Foto : Kazuto Sakata saat mengendarai Aprilia RS 125, di GP Suzuka' 1994
Sebagian orang masih mengingat sosok pembalap yang satu ini, dia adalah Kazuto Sakata' Juara Dunia Kelas 125cc pada tahun 1994 dan 1998. Kehebatannya sebagai pembalap nomor satu di negeri sakura tidak mengherankan. Pembalap ini lahir di Tokyo pada tanggal 15 Agustus 1966 ini terbilang sebagai legenda hidup yang tak tergantikan. Pasalnya, Kazuto Sakata adalah orang Jepang pertama yang menjuarai MotoGP kelas 125cc. Namun, anehnya sebagai orang Jepang' ia seharusnya bangga menggunakan motor buatan negerinya sendiri, sekelas Honda atau Yamaha.
Kali ini dia dibilang sebagai "Pemberontak" oleh sebagian masyarakat Jepang kala itu, khususnya teman-teman sejawatnya sesama pembalap motor. Dia terbilang menyimpang dari ajaran balap motor yang mewajibkan setiap pembalap yang berasal dari Jepang menggunakan motor buatan Honda atau Yamaha' yang notabene pabrikan asli negera kelahirannya.
Tapi, Dia menggunakan motor buatan pabrikan Italia sebagai tunggangan utamanya' terhitung sejak tahun 1994. Awalnya ketika mengikuti kejuaraan motor di negaranya atau sejak ikut MotoGP yang berlangsung di sirkuit Suzuka, ia selalu menggunakan motor Honda. Tetapi, karena pada masa itu pabrikan Jepang kurang hebat dalam membuat motor balap, maka jalan keluarnya adalah menggunakan pabrikan negara lain.
Aprilia adalah motor yang berjasa membawanya pada gelar juara dunia kelas 125cc 2 kali, dan meraih 9 kemenangan serta 18 podium. Waktu itu Kazuto Sakata harus berjuang melawan rival senegaranya yakni Noboru Ueda dan Haruchika Aoki. Apalagi persaingan ketat di GP 125 kala itu dibuat seru dengan munculnya beberapa pembalap luar jepang seperti Valentino Rossi, Stefano Perugini, dan Ivan Goia dari Italia dan Emilio Alzamora serta Jorge Aspar Martinez dari Spanyol.
Banyaknya rival-rival dari seluruh penjuru dunia membuat dirinya tertantang untuk melawan mereka, karena selama ini dominasi pembalap-pembalap dari Eropa cukup menguasai jalannya balapan. Namun kini ia telah terlupakan, mengingat kini usianya telah menginjak 48 Tahun' Kazuto Sakata sebenarnya sudah pensiun sejak musim 1999. Pada waktu itu juaranya adalah Emilio Alzamora' bekas rivalnya yang sekarang menjadi manager Marc Marquez, Juara Dunia MotoGP 2013.
Semoga saja ada pembalap-pembalap Jepang lain yang mewarisi kedigdayaannya dimasa mendatang, dan FIM menetapkan Kazuto Sakata sebagai bagian dari Legenda MotoGP asal Jepang, selain Daijiro Kato, Hiroshi Aoyama, Norick Abe, Haruchika Aoki dan Takazumi Katayama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar