Foto : Max Biaggi saat mengendarai Aprilia RSV4 di musim 2012
Saat mengetahui Carlos Checa mengendarai Ducati, Biaggi menganggap bahwa Checa bukan lawan sembarangan yang mudah dijatuhkan. Mengingat sebagai juara bertahan, ia harus mengalahkan Checa atau gelar musim 2010 yang ia rebut dari Cal Crutchlow dan Noriyuki Haga harus direlakan kepada Checa.
Tapi, yang namanya Max Biaggi tentu tak akan tinggal diam jika ada yang berani merebut gelarnya.
Dan ketika musim 2011 berjalan' Biaggi benar-benar kewalahan menghadapi Checa' walaupun usia Checa sudah kepala empat lebih, namun kelihaiannya bergoyang dengan motor Ducati 1098 R tak bisa dicegat !
Sampai-sampai Biaggi mengalami kecelakaan di sirkuit Nurnburgring, Jerman sehingga ia mengalami cidera yang cukup parah dan cukup lama untuk disembuhkan. Namun cidera parah yang dialaminya teramat mengganggu sehingga ia akhirnya harus menyerah dengan cidera yang dideritanya. Maka dari itu Biaggi sempat absen di GP Imola, Italia dan GP Magny Cours, Prancis.
Maka yang menjadi jawara WSBK musim 2011 kali ini adalah Carlos Checa' Biaggi benar-benar tidak menyangka bahwa pembalap yang tak punya bakat alami sejak kecil sekelas Carlos Checa bisa menandinginya. Biaggi hanya mampu meraih 2 kemenangan dan 10 podium, maka dengan hasil seperti itu tak mungkin baginya untuk merebut gelar juara musim 2011.
Rahasianya adalah mesin pabrikan milik tim Althea Racing Ducati adalah mesin warisan Noriyuki Haga, kalau tidak salah Haga sengaja memberikan mesin pabrikan miliknya kepada Checa agar kedigdayaan dan kelihaian The Roman Emperor bisa diredam.
Itulah sebabnya mengapa Althea Racing berhasil merebut gelar juara individual dan gelar juara konstruktor di tahun yang sama. Biaggi yang sudah menduga bahwa langkahnya akan dijegal Checa, akhirnya mengibarkan bendera pertarungan di musim 2012.
Di musim 2012, Biaggi kembali menantang Checa bertarung di aspal sirkuit' dan rupanya musim 2012 merupakan musim terakhir Biaggi mengendarai motor balap. Hal ini dikarenakan faktor usia yang sudah tidak mendukung. Apalagi, Biaggi sudah cukup puas dengan dunia barunya di WSBK.
Dengan mengantongi 5 kemenangan dan 6 podium selama musim 2012, akhirnya Biaggi berhasil merebut gelar juara WSBK dari tangan Carlos Checa. Dan ketika balapan terakhir selesai, Max Biaggi memutuskan untuk pensiun dari dunia balap untuk selama-lamanya.
Hal ini sempat membuat fans-fans nya di seluruh dunia kecewa dengan keputusan tersebut, namun mau bagaimana lagi' namanya sudah tua sudah pasti harus pensiun.
The Roman Emperor ! Selamat Pensiun' Semoga kenangan itu akan teringat sepanjang masa !!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar