Foto : Tetsuya Harada, Yamaha YZR 250, Marlboro Team Roberts
Team
KR yang sudah bekerja sama dengan Philip Morris akhirnya mengganti nama
tim tersebut menjadi Marlboro Team Roberts. Kerjasama Team KR dengan
Philip Morris lewat merek rokok Marlboro dimulai kurun waktu 1990-1998.
Ketika Yamaha memecat Kenny Roberts Sr sebagai manager tim, Yamaha malah
menujuk mantan pembalap Yamaha yang dulu dibesarkan Kenny Roberts Sr'
siapa lagi kalau bukan Wayne Rainey.
Kenny Roberts beserta management memutuskan untuk berkolaborasi dengan pabrikan motor asal negeri jiran Malaysia, Modenas Motorcycle. Modenas menjadi supplier motor sekaligus pabrikan resmi untuk Team KR dengan motor baru hasil rancangan Ilmor-Modenas di Inggris. Motor tersebut diberi nama Modenas KR3, pembalap yang berkompetisi bersama Team KR adalah Jean Michel Bayle dan putra kandung Kenny Roberts Sr sendiri, Kenny Roberts Jr.
Sayangnya motor Modenas KR3 memiliki perfoma yang kurang memuaskan bahkan terbilang lebih buruk dibanding Aprilia RSW-2 yang kala itu dikendarai mendiang Doriano Romboni.
Bahkan proyek tendensius antara Team KR dan Modenas Motorcycle dibilang gagal total bahkan ada isu yang berhembus bahwa Philip Morris akan hengkang dari Team KR atas prestasinya yang anjlok pasca tidak memakai motor Yamaha lagi.
Namun, kontrak dengan Modenas masih setahun lagi. Akhirnya tim tersebut hanya merombak pembalapnya saja. Kenny Roberts Jr masih bertahan di tim itu malah ditemani mantan rekan setim Max Biaggi, dialah mendiang Ralf Waldmann.
Sedangkan Jean Michel Bayle kembali ke Yamaha setelah diundang oleh Wayne Rainey untuk menggantikan Sete Gibernau yang pindah ke Repsol Honda pasca insiden patah kaki pembalap asal Jepang, Takuma Aoki dalam sesi tes pra musim.
Modenas mungkin untuk terakhir kalinya berkompetisi di Kelas 500cc pada tahun 1998 akibat krisis ekonomi yang melanda Asia Tenggara kala itu, maka pada akhir tahun tersebut Modenas angkat kaki dari kejuaraan dunia balap motor 500cc demi menyelamatkan keuangan perusahaan.
Prestasi yang jauh panggang daripada api menjadi faktor mundurnya Modenas sebagai supplier motor untuk Team KR. Untungnya Team KR bergerak cepat dengan menggandeng supplier baru sesama pabrikan Malaysia yaitu Proton.
Proton dijadikan mitra baru untuk pengembangan motor KR3 generasi ketiga untuk musim 1999. Sayangnya ini menjadi musim terakhir Philip Morris bekerjasama dengan Team KR setelah sponsor itu dirayu oleh Yamaha untuk kembali memperkuat tim garputala dari Iwata tersebut.
Kenny Roberts beserta management memutuskan untuk berkolaborasi dengan pabrikan motor asal negeri jiran Malaysia, Modenas Motorcycle. Modenas menjadi supplier motor sekaligus pabrikan resmi untuk Team KR dengan motor baru hasil rancangan Ilmor-Modenas di Inggris. Motor tersebut diberi nama Modenas KR3, pembalap yang berkompetisi bersama Team KR adalah Jean Michel Bayle dan putra kandung Kenny Roberts Sr sendiri, Kenny Roberts Jr.
Sayangnya motor Modenas KR3 memiliki perfoma yang kurang memuaskan bahkan terbilang lebih buruk dibanding Aprilia RSW-2 yang kala itu dikendarai mendiang Doriano Romboni.
Bahkan proyek tendensius antara Team KR dan Modenas Motorcycle dibilang gagal total bahkan ada isu yang berhembus bahwa Philip Morris akan hengkang dari Team KR atas prestasinya yang anjlok pasca tidak memakai motor Yamaha lagi.
Namun, kontrak dengan Modenas masih setahun lagi. Akhirnya tim tersebut hanya merombak pembalapnya saja. Kenny Roberts Jr masih bertahan di tim itu malah ditemani mantan rekan setim Max Biaggi, dialah mendiang Ralf Waldmann.
Sedangkan Jean Michel Bayle kembali ke Yamaha setelah diundang oleh Wayne Rainey untuk menggantikan Sete Gibernau yang pindah ke Repsol Honda pasca insiden patah kaki pembalap asal Jepang, Takuma Aoki dalam sesi tes pra musim.
Modenas mungkin untuk terakhir kalinya berkompetisi di Kelas 500cc pada tahun 1998 akibat krisis ekonomi yang melanda Asia Tenggara kala itu, maka pada akhir tahun tersebut Modenas angkat kaki dari kejuaraan dunia balap motor 500cc demi menyelamatkan keuangan perusahaan.
Prestasi yang jauh panggang daripada api menjadi faktor mundurnya Modenas sebagai supplier motor untuk Team KR. Untungnya Team KR bergerak cepat dengan menggandeng supplier baru sesama pabrikan Malaysia yaitu Proton.
Proton dijadikan mitra baru untuk pengembangan motor KR3 generasi ketiga untuk musim 1999. Sayangnya ini menjadi musim terakhir Philip Morris bekerjasama dengan Team KR setelah sponsor itu dirayu oleh Yamaha untuk kembali memperkuat tim garputala dari Iwata tersebut.
== SELESAI ==
Tidak ada komentar:
Posting Komentar