Marlboro selaku sponsor resmi Modenas cuma bisa diperas habis-habisan oleh Kenny Roberts untuk mewujudkan ambisinya sebagai tim balap terkuat di dunia. Untuk meluluskan ambisinya itu, Kenny Roberts memecat Jean Michel Bayle dan merekrut pembalap baru asal Jerman yaitu Ralf Waldmann.
Ralf Waldmann yang semula menjadi rekan setim Max Biaggi di tim Kanemoto Racing digaet sebagai tandem Kenny Roberts JR. Kemampuan Waldmann sebagai pembalap cukup hebat bahkan mencetak kemenangan dan podium sejak membalap di kelas 250cc sebagai motivasi untuk lebih baiknya performa motor Modenas KR3.
Sebetulnya di musim 1998, ada peningkatan kekuatan dan stabilitas pada mesin setelah bergabungnya Ralf Waldmann. Bahkan Waldman pernah masuk Top 10 dalam free practice selama 2 hari sebelum seri balapan dimulai. Waldmann sangat hebat karena bisa mengembangkan kemampuan motor sehingga posisi motor Modenas bisa hampir sejajar dengan motor tim satelit milik Honda dan Yamaha.
Waldman dikontrak 2 tahun karena berjasa mengembangkan mesin 3 Silinder milik Modenas agar lebih kompetitif dan lebih mengigit seperti Aprilia RSV 400 yang dikendarai pembalap Italia, Doriano Romboni.
Jujur saja, selama seri berlangsung Waldmann mampu konsisten di klasemen Top 10 bahkan melampaui Kenny Roberts JR yang masih belum menemukan kehebatannya. Sayangnya dari segi klasemen memang Waldmann berada di bawah putra Kenny Roberts SR meski performanya berkembang dari seri ke seri.
Rald Walmann sempat mengalami cedera saat free practice di Assen sehingga absen satu seri, akibat absennya itu posisi klasemen pembalap asal Jerman itu disalip oleh Kenny Roberts JR.
Waldmann mengakhiri musim sebagai rookie dengan menduduki posisi 14 di klasemen dengan mengoleksi 46 poin. Sedangkan Kenny Roberts JR setingkat diatas Waldman dengan mengoleksi 59 poin dan bertengger di posisi 13 klasemen.
Kenny Roberts SR akhirnya mengakui bahwa mesin Modenas sangat buruk dan tidak memberikan perlawanan berarti bagi tim-tim lainnya. Akhirnya Modenas angkat kaki dari kelas 500cc akibat masalah keuangan dan tunggakan gaji karyawan Modenas di Malaysia yang belum lunas akibat dilema krisis moneter yang melanda Asia antara tahun 1997-1998.
Modenas sudah malas meladeni tim balap manapun sekali pun Modenas sedang dilirik oleh tim lain sebagai pengganti tim balap milik Kenny Roberts SR. Bahkan yang lebih ngenes lagi, Marlboro selaku sponsor utama tim harus minggat karena keburu dikontrak Max Biaggi sebagai sponsor pribadi sekaligus sponsor baru Yamaha.
Marlboro pulang kampung ke Yamaha setelah 2 tahu disiksa oleh Modenas yang berambisi menjadi motor terkuat di dunia. Itulah sepenggal kisah tentang motor Modenas KR3 yang pernah ikut mencicipi persaingan di MotoGP khususnya GP 500.
(Tamat)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar