11/11/2018

Sejarah Terbentuknya Tim Pabrikan Yamaha (Part 03)

Gambar : Yamaha YZR 500, 1996-1997

Yamaha Motor Company lantas melakukan gebrakan yang mencengangkan dengan menyiapkan 4 unit motor YZR 500 spec factory untuk musim 1996.
Kenny Roberts Sr menunjuk Jean Michel Bayle dari Perancis dan mantan juara dunia kelas 125cc 1990 dan 1991 dari pembalap tim Honda Pileri, Loris Capirossi sebagai duo pelengkap di kubu Yamaha Roberts Team. Norick Abe kembali menjadi joki utama Yamaha dengan duet barunya yakni Kenny Roberts Jr (putra Kenny Roberts Sr) yang baru naik kelas ke kategori 500cc usai berduet dengan Tetsuya Harada di kelas 250cc musim 1995.

Yamaha benar-benar mulai serius menjadi kontender utama Honda, bahkan Abe dan Capirossi mendapat perhatian khusus dari kepala mekanik dengan menggunakan 2 jenis motor spec factory yang untuk pertama kalinya di desain oleh komputer.
Perangkat buatan Magneti Marelli dipasang untuk meningkat performa motor agar tetap bertahan meski mesin mulai panas.

Dan lagi-lagi, Yamaha kembali menduduki runner up konstruktor championship dan kembali merengkuh 2 kemenangan. Lucunya, inilah untuk pertama kalinya Norick Abe meraih kemenangan perdananya secara emosional di GP Suzuka 1996 hingga meneteskan air mata usai mengalahkan Mick Doohan dan Alex Criville. Dan yang paling berkesan adalah kemenangan perdana sekaligus yang terakhir Loris Capirossi di GP Eastern Creek pada gelaran GP 500, kemenangan yang menegangkan itu diwarnai kecelakaan duo Repsol Honda antara Mick Doohan dan Alex Criville di lap akhir.
Kemenangan perdana Loris Capirossi bersama Yamaha diikuti oleh podium kedua yang diraih Carlos Checa' pembalap tim Fortuna Honda Pons dan podium ketiga yang direbut oleh Tadayuki Okada dari tim Repsol Honda.

Kegagalan Yamaha merengkuh puncak klasemen konstruktor membuat tim garputala tersebut mulai diguncang kisruh dan perpecahan internal. Akibatnya, banyak karyawan dan kru tim Yamaha mulai terkotak-kotak akibat konflik tersebut. Kenny Roberts Sr dan Wayne Rainey saling berseteru karena tidak mau mengalah demi menentukan formasi duet untuk musim balap 1997.

Konflik antara Kenny Roberts dan Wayne Rainey membuat tim Marlboro Yamaha bubar, penyebabnya hanya ada satu' yakni gagalnya Loris Capirossi berduet dengan Norick Abe.
Rencananya Norick Abe akan berduet dengan Loris Capirossi, sebagai imbas dari dijodohkannya kedua pembalap berbakat itu, maka Jean Michel Bayle dan Kenny Roberts Junior dipecat.
Jean Michel Bayle dan Kenny Roberts Junior enggan dipecat dari tim Yamaha lantaran penampilan tidak konsisten keduanya, Norick Abe dan Loris Capirossi yang nantinya berduet untuk musim 1997 gagal disatukan lantaran keputusan tim Yamaha untuk memecat Bayle dan Roberts Junior.

Kenny Roberts selaku manajer tim tidak setuju dengan keputusan Yamaha Motor Company memecat pembalap asal Perancis dan Amerika Serikat itu. Sebagai wujud kekecewaan, Pihak Kenny Roberts bertikai dengan pihak Wayne Rainey lantaran Loris Capirossi tetap dipertahankan.
Norick Abe yang sudah perpanjang kontrak akhirnya gagal berduet dengan Loris Capirossi, maka Kenny Roberts menyatakan walk out dari tim Yamaha dan menjalin kerjasama dengan Modenas Malaysia untuk mengembangkan mesin 500cc.
Akhirnya, tim Yamaha hanya menyisakan Wayne Rainey sebagai manajer dan Norick Abe sebagai pembalap tunggal.

(Bersambung)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar